Wednesday, January 16, 2008

Mimpiku……Target 9 Tahun

Ya Allah…semoga Papa jadi orang kaya....amiin...
Ya Allah... semoga papa punya mobil bagus....amiin...
Ya Allah... semoga papa bisa beli rumah baru....amiin...
Ya Allah...semoga Salma jadi anak baik, anak pinter, anak cerdas,....amiin...
Ya Allah semoga mobil papa bisa terbang....huahahaha.....amiiin...

Doa diatas diucapkan oleh kedua anakku, Salma dan Mahsyar yang masih berusia 6 dan 4 tahun. Aku biarkan mereka memanjatkan doa tersebut ketika kami sedang dalam perjalanan menggunakan mobil kantor untuk menjemput mamanya yang masih mengajar di LB LIA Serang. Kalimat terakhir tersebut di ucapkan oleh anakku yang baru berusia 4 tahun, sehingga doanya masih didominasi oleh fantasi. Aku sengaja mengajarkan anak-anakku untuk mengembangkan mimpinya, mempunyai pengharapan, memanjatkannya, dan menetapkannya dalam pikiran mereka. Aku tak pernah melarang mereka bermimpi. Karena aku yakin mimpi mereka hari ini akan mewujud esok hari.

Akupun termasuk orang yang membuang jauh-jauh ketakutan pada mimpi. Aku masih ingat bagaimana pada 21 Januari 2006, saat istirahat siang dari keseharianku sebagai technical service yang kerjanya mengunjungi pabrik-pabrik kimia, di Sebuah Masjid di Merak, Aku menulis target dan rencana hidup yang akan aku jalani seperti ini...
Th. 2006 Aku harus memulai bisnis…penghasilan bersih 1 jt/th
Th. 2007 penghasilan bersih bisnisku 10 Jt/th
Th. 2008 penghasilan bersih bisnisku 30 Jt/th, beli computer + internet
Th 2009 penghasilan bersih bisnisku 50 Jt/th
Th. 2010 penghasilan bersih bisnisku 100 Jt/th
Th. 2011 penghasilan bersih bisnisku 300 Jt/th
Th 2012 penghasilan bersih bisnisku 500 Jt/th, Keluar Kerja (mandiri), Beli mobil Kijang Kapsul,
Th 2013 penghasilan bersih bisnisku 700Jt/th
Th 2014 penghasilan bersih bisnisku 850 Jt/th,
Th 2015 penghasilan bersih bisnisku 1 M/th

Pada saat aku tulis 9 tahun targetku ini, aku belum memiliki bisnis apapun, bidang bisnis apa yang akan aku tekuni semuanya masih simpang siur. Dan kenyataannya sepanjang tahun 2006 aku nggak punya bisnis yang pasti…..

Pada Agustus 2006, perusahaan tempatku “NGULI” menyediakan layanan internet. Saat surfing internet itulah tanpa sengaja saya mengenal TDA....karena minat yang besar dalam bidang entrepreuneurship maka saya beranikan diri untuk daftar sebagai member TDA. Saya merayu P’Roni agar saya diterima sebagai anggota walau tidak ada yang merekomendasikan saya. Setelah beberapa kali kirim email, alhamdulillah saya diapprove oleh Jendral TDA. Saat itu anggota TDA masih sedikit, tapi lalulintas emailnya sudah luar biasa....beruntung sekali...saya benar-benar tidak salah pilih dalam memasuki komunitas ini...Tapi karena saya nggak punya bisnis, maka saya hanya sebagai penonton saja,.....NO ACTION.....

Tapi aku ingat….tahun 2006 tersebut aku pernah menjadi makelar/perantara....ketika ada seorang teman mencari perusahaan untuk “Cleaning HE”, saya pertemukan dia dengan teman saya yang lain, yang bidang usahanya Cleaning alat-lat pabrik. Maka setelah Deal dan pekerjaan selesai…2 bulan kemudian saya diberi fee sebesar 1,7 jt. Alhamdulillah..senangnya...target 2006 tercapai....

Januari 2007 saya fokuskan dan mengharuskan diri untuk membentuk usaha. Tapi belum terbayang juga usaha apa yang harus saya bangun....berbagai peluang muncul tapi nggak berani untuk memulai.

Tapi...Alhamdulillah, pucuk dicinta ulam tiba. Pada tanggal 10 Februari 2007 saya mendengar informasi bahwa lapak selular milik adik saya akan dijual. Tanpa tunggu waktu saya hubungi adik saya dan mencari tahu kebenarannya. Dan ternyata memang adik saya mau menjualnya karena selama 8 bulan sejak berdiri lapak tersebut tidak menguntungkan seperti yang diharapkan. Setelah dihiting total asset dan piutangnya, maka saya harus membayar 4,4 jt rupiah.
Padahal saat itu saya sedang nggak punya uang, bayar 500 ribupun nggak sanggup karena keuangan keluarga sedang defisit. Tapi dengan semangat dan keyakinan tinggi saya janjikan bahwa uangnya akan saya berikan dalam 3 hari.
Teringat slogan P’Roni ”No Action Nothing Happen, Take Action Miracle Happen” Alhamdulillah dalam waktu 2 hari saya sudah mendapatkan pinjaman dari 2 orang teman yang masing-masing meminjami uang 2,5 jt rupiah. Akhirnya 13 Februari 2007 lapak selular tersebut resmi menjadi milik saya.

”Barang siapa bertaqwa, maka ia akan diberikan jalan keluar dari setiap permasalahannya dan diberikan Rejeki dari arah yang tidak disangka-sangka dan tidak diduga-duga”... (ayat Qur’an)

Hari-hari berikutnya saya fokuskan fikiran dan tenaga saya untuk melakukan inovasi-inovasi baru agar lapak ini menghasilkan seperti yang diharapkan.

Singkat cerita....
Awal tahun 2008 saya melakukan evaluasi, ternyata omset lapakku sudah mencapai 459 jt/tahun. Dengan keuntungan kotor 39,5 jt dan keuntungan bersih 16,5 jt rupiah.

Alhamdulillan target penghasilan bersihku tahun 2007 tercapai 160%. Tidak hanya itu, Gaji karyawan saya yang 10 bulan lalu 450rb/bln maka Januari ini Gajinya sudah 900rb/bln. Selam th 2007 setiap bulan saya naikkan 50rb. Karena saya berprinsip....”janganlah kita mengaku sebagai pengusaha bila masih menggaji karyawan kita dibawah UMR”.

Ditahun tahun 2008, 2009, 2010 dan seterusnya....semakin yakin bahwa mimpi kita hari ini akan jadi kenyataan esok hari. Jangan berhenti bermimpi...pelihara dan rawat mimpi kita, visualisasikan secara detail, Insya Allah mimpi tersebut akan segera mewujud.
Apalagi dengan dikawal oleh TDA, Insya Allah kita akan bisa mengatasi segala hambatan yang merintang. Tidak ada yang saya harapkan dari TDA tapi saya yakin seyakin-yakinnya bahwa TDA mampu mengawal saya menuju kesuksesan dan meraih kebahabiaan.

Buat rekan-rekan yang lebih berani, target saya Full TDA sebelum tahun 2012 mungkin terlalu jauh....tapi baru sampai disitulah keberanian saya...tahun itulah buat saya yang paling logis....tapi saya berharap semoga saya jauh lebih cepat dari 2012 untuk FULL TDA....

(Tulisan ini saya kirimkan ke MILAD II TDA untuk diikutkan dalam lomba menulis tentang TDA)

1 comment:

Rizki Eka Putra said...

Ass Pak Ade! Salut buat pak ade! Saya jadi member TDA sudah sejak pertengahan 2007, tapi sampai sekarang belum action juga! mohon bimbingannya pak