Sunday, April 15, 2007

Kunjungan ke Seorang Teman

Hari Minggu tanggal 15 April 2007, saya bersilaturahmi ke seorang teman yang sudah lebih dari 15 tahun berbisnis.
Setelah melihat-lihat workshop Suhud Mediapromo yang kebetulan para karyawannya sedang lembur mengerjakan order 300 spanduk, Kami terlibat pembicaraan yang mengasyikan, bertukar pikiran seputar perjalanan dan pengelolaan bisnis. Hari itu saya banyak belajar dari teman sebaya yang begitu baik dalam mengembangkan bisnis. Semula saya tidak begitu mengerti arti mediapromo. Setelah dijelaskan tentang focus bidang usahanya, akhirnya saya mengerti apa core bisnisnya.

Selain belajar bisnis, yang menjadi fakus perhatian saya adalah ‘mindset’ yang dimiliki Andi Suhud Trisnahadi (nama teman saya tersebut). Saya menilai jiwa bisnis Andi benar-benar sudah terbentuk. Andi adalah tipe pebisnis modern yang mempunyai visi dan misi jauh kedepan.

Bidang bisnis yang dipilihpun sangat spesifik, yaitu mediapromo yang relatif tidak mempunyai saingan di Serang (kota tempat kami tinggal). Yang dijual adalah solusi, memberikan problem solving pada perusahaan dan lembaga yang ingin lebih berkembang, sehingga customer merasakan betul manfaat yang didapat dan yang terpenting adalah ada ketergantungan customer pada Suhud Mediapromo.

Obrolan yang patut kita catat dari pembicaraan kami adalah, Andi yakin betul dengan 2 hadits nabi yang menyatakan : Silaturahmi akan mendatangkan rezeki dan Belajarlah sampai ke negeri Cina. Perusahaan harus membina hubungan dengan semua pihak. Dan pebisnis yang baik kebanyakan adalah orang Cina, jadi kita harus banyak belajar bagaimana cara mereka menjalankan bisnis.

Luar biasa, tak terasa 2 jam berlalu, tepat jam 12 siang saya pamit pulang dengan membawa oleh-oleh berupa penambahan wawasan dalam berbisnis. Kami sepakat mungkin suatu saat kami akan saling membutuhkan dalam pengembangan usaha.

Kesimpulan:
Dari pembicaraan 2 jam tersebut, saya menarik benang merahnya bahwa dalam berbisnis diperlukan :
Kesetiaan terhadap partner bisnis
Berikan manfaat sebesar-besarnya pada customer
Didik karyawan secara baik dan benar, fokuskan pada keahliannya
Jalin silaturahmi dengan semua pihak
Tepati janji dengan siapapun
Fokusklah pada bisnis tertentu dan kembangkan dengan baik
Pelajari strategi-strategi bisnis orang-orang sukses sebelum kita

No comments: