Thursday, September 13, 2007

3 Pertanyaan

Saya punya cerita nih dari seorang teman....
Alkisah....ada seorang Pemuda Intelektual Banten yang "ngelmu" di negeri Paman Sam. Calon ilmuwan muda ini sudah menyelesaikan S-2 di bidang Filsafat, Ketika akan melanjutkan studi S3-nya di jurusan yang sama, dia pulang dulu ke kampung halaman. Dari negeri Paman Sam, dia membawa oleh-oleh berupa 3 buah pertanyaan yang akan ditanyakannya kepada Kyai di kampungnya.

Setiba di kampugnya dia bergegas ke rumah seorang kyai yang dikenalnya sangat arif...Kepada sang Kyai dia berkata :"Yai kuleu derebe telu pertanyaan sing ayun kule takenaken". (.....ah...ribet juga pake bahasa Serang, pasti banyak yang kagak ngerti nih...Red)
Pak Kyai, saya punya 3 pertanyaan yang profesor saya nggak bisa jawab. Mohon Jawaban dari Pak Kyai...dengan tenang Kyai berkata "Silahkan, pasti 3 pertanyaan nanda tersebut adalah pertanyaan yang sangat sulit sehingga profesor nandapun nggak bisa menjawabnya, sampai-sampai nanda pulang kemari untuk meminta jawabnya"....Iya pak Kyai, tiap malam saya pikirkan ini sampai-sampai saya pusing dibuatnya...

lalu pemuda tsb melanjutkan "Pertanyaan pertama : 'Kalau Tuhan itu memang ada, tunjukan pada saya wujudNya'.
Pertanyaan kedua : Takdir itu apa?
Pertanyaan ketiga : "Setau saya Jin-kan terbuat dari api dan Neraka juga terdiri dari api yang menyala, jadi Jin nggak akan merasa sakit dong di Nerak......"

Praaat....Belum selesai dia dengan pertanyaan ketiga....secara tiba-tiba Tangan kyai melayang dan dengan telak mengenai pipi pemuda didepannya. Mendapat tamparan yang tiba-tiba tersebut, sambil memegang pipi yang kemerahan dan meringis menahan sakit, pemuda tersebut berkata. "Pak Kyai, saya kan cuma bertanya, kenapa bapak menampar saya?
"Dengan tenang Pak Kyai tersebut berkata : tamparan itu adalah jawaban atas 3 pertanyaanmu tadi". Dengan raut muka bingung pemuda tersebut kembali berkata..."iya tapi apa maksudnya saya nggak ngerti...
"Dengan suara lembut tapi berwibawa sang Kyai berkata : "Setelah saya tampar pipi kamu, apa yang kamu rasakan?"....sakit pak.....jawabnya.
Nah sekarang saya minta kamu "Tunjukkan wujud sakit pada saya"....itulah jawaban atas pertanyaanmu yang pertama...setelah sejenak berpikir, pemuda tersebut mengganggukan kepala tanda mengerti.

Untuk menjawab pertanyaan kedua, saya bertanya padamu anak muda, "sebelum kamu datang kesini apakah kamu mengira kamu akan mendapat tamparan keras dari saya"....tidak pak...Nah itulah jawaban atas pertanyaan keduamu....Kembali otak cerdasnya menyuruh kepalanya untuk mengangguk...

Jawaban ata pertanyaa ketigamu adalah:"Tangan saya dan pipi kamu terbuat dari bahan yang sama, sama-sama kulit, dan kamu merasa sakit dan perih ketika saya tampar, begitulah kehendak Allah" Setan yang terbuat dari api akan menderita dan merasakan sakit yang amat sangat ketika terbakar api neraka....

Dengan senyum puas, pemuda tersebut mencium tangan sang Kyai dan berpamitan.....

No comments: