Monday, June 25, 2007

Rekor Baru

Saya memiliki sebuah lapak isi ulang pulsa kecil yang saya sewa 150 rb/hari, karena tempatnya yang terbuka maka tiap malam etalase ukuran 1,5 m dimasukkan ke toko obat dan paginya dikeluarkan sehingga saya kasih tip buat karyawan toko obat 30 rb/bulan. Tepat disamping lapak saya ada Indomaret yang cukup ramai, disekitar radius 50 m dari lapak saya ada 4 konter isi ulang HP yang berupa kios permanen dengan harga sewa 3~5 jt/th dengan display yang cukup menyolok. semua dari mereka sudah di Branding. Lapak saya yang kecil saya branding sendiri dengan memanfaatkan spanduk dan poster yang saya dapatkan dari berbagai dealer.

Tapi ada yang istimewa di lapak saya...yaitu jumlah transaksinya....Alhamdulillah kemarin minggu tembus rekor baru 90 transaksi sehari, dengan omset 1.608.000 rb/sehari dengan bruto profit Rp. 178.000,- (Kalo lagi sepi transaksi miniman sehari sekitar 50 transaksi). Minggu lalu karyawan konter sebelah cerita bahwa dikonternya sehari ada 40 transaksi, konter lainnya malah terlihat lebih sepi.

Walaupun lapak saya sederhana dan kecil tapi bisa membukukan omset yang cukup besar.
Kiat saya adalah :
  • Jangan gentar ketika ada pesaing baru masuk, yakinlah rezeki tiap orang sudah diatur oleh Allah, yang tetap konsisten dengan kemurahan Allahlah yang akan mendapatkan banyak.
  • Sediakan stok secara lengkap, walaupun ada item yang terjual lambat dan untungnya kecil tetap harus disediakan karena kelengkapan sangat disukai pembeli.
  • Sejahterkan Karyawan, berikan upah yang cukup, jangan sembarangan menggaji karyawan. sebagai contoh : konter lain menggaji karyawan 400.000/bulan, Alhamdulillah saya bisa menggaji karyawan 800.000/bulan. karyawan yang sejahtera akan bekerja dengan baik dan memberikan loyalitasnya pada pekerjaannya. Insya Allah saya akan terus menaikkan upah karyawan dengan disesuaikan dengan omset penjualan. Target saya upah karyawan di atas 1 jt perbulan.
  • Harga jangan terlalu mahal tapi jangan juga dibanting, karena kita ini cari untung bukan kerja bakti.
sekarang ini saya sedang berusaha untuk ekspansi.....

1 comment:

chaiyo said...

dahsyat pak sharing toko mungilnya.
Kecil2 cabe rawit kata orang.

Salam TDA,

Cahyo
http://baju-anak.com